Tentang FinTech,Bareksa.com,KitaBisa.com dan KoinWorks.com



Apa itu FinTech Indonesia?
Ternyata bisnis online tidak melulu hanya e-commerce (toko online) atau situs portal berita. Ada sebuah industri baru bernama financial technology atau nama kerennya FinTech Indonesia. Keberadaan FinTech bertujuan untuk membuat masyarakat lebih mudah mengakses produk-produk keuangan, mempermudah transaksi  dan juga meningkatkan literasi keuangan. Perusahaan-perusahaan FinTech Indonesia didominasi oleh perusahaan startup dan berpotensi besar. 
National Digital Research Centre di Dublin, Irlandia mendefinisikan financial technology atau fintech sebagai: “innovation in financial services” atau “inovasi dalam layanan keuangan”. Definisi tersebut memiliki pengertian yang sangat luas, perusahaan fintech dapat menyasar segment perusahaan (B2B) maupun ritel (B2C). Bagaimana dengan fintech Indonesia?

Cakupan Bisnis Fintech Indonesia

FinTech Indonesia memiliki banyak jenis, antara lain startup pembayaran, peminjaman (lending), perencanaan keuangan (personal finance), investasi ritel, pembiayaan (crowdfunding), remitansi, riset keuangan. Berikut ini daftar perusahaan-perusahaan startup FinTech Indonesia. Daftar di bawah ini akan selalu kami update. Jika Anda mengetahui startup FinTech Indonesia yang belum termasuk di daftar, silahkan tinggalkan komentar Anda di bahwa artikel ini.

Pembayaran (Payments)

Di Indonesia perusahaan startup FinTech yang paling banyak didominasi oleh
  • Perusahaan pembayaran, seperti: Veritrans, DoKu, Kartuku, iPay88, Easypay, MCpayment, Padipay, Kinerjapay.com, Truemoney, Faspay, Fasapay, Xendit, Espay, Wallezz, Cashlez, Mimopay, Indopay, Firstpay, IPaymu.com, Ovo, Nicepay, Hellopay, Kesles, 
  • Mobile payments company seperti Sakuku BCA, Dompetku Indosat Ooredoo, Uangku SmartFren, Dimo, Mynt, Matchmove
  • Gift Card : GCI Indonesia
  • BitCoin : BitX.co
  • Electronic Money : Sepulsa.com, Davestpay.com, GoPay, Indomog, Kudo, Ayopop,
  • Bebas Transfer : Kliring.co.id, SudahTransfer, Flip, 
  • Bayar Tagihan : Paybill.id, SatuLoket.com
  • Lainnya : Ainosi

Investasi

Indonesia memiliki beberapa startup yang memberikan kemudahan askes di bidang investasi, seperti Bareksa (Marketplace Reksa Dana) dan  IpotFund (Supermarket Reksa Dana). Xdana.com,

https://www.finansialku.com/wp-content/uploads/2016/02/Portal-Investasi-Bareksa.com-Menjadi-Agen-Penjual-Efek-Reksa-Dana-Perencana-Keuangan-Independen-Finansialku.jpg
Perencanaan Keuangan
 Finansialku.com hadir sebagai salah satu perusahaan financial technology yang berfokus pada edukasi keuangan (financial education) dan perencanaan keuangan (financial planning). Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku
  • Expense Tracker untuk Personal : NgaturDuit.com, Dompet Sehat
  • Expense Tracker untuk Bisnis UMKM : Jurnal.id, Akunting Mudah, Sleekr, Yonk.io
  • Pajak : Online-Pajak.com

Pembiayaan (Lending)

Startup yang satu ini bergerak dalam pembiayaan. Pembiayaan yang dimaksud adalah pembiayaan dalam
  • Pembiayan berbentuk utang seperti UangTeman.com, TemanUsaha.com, Terhubung.com, BosTunai.com, Mekar.id, Tanihub.com, Taralite.com, Pinjam.co.id, Eragano.com, DrRupiah.com
  • Pembiayaan berbasis patungan atau pembiayaan masal (crowdfunding), seperti Wujudkan.com, Kitabisa.com, Ayopeduli.com dan GandengTangan.org. WeCare.id, Indves.com, GandengTangan.org, LimaKilo.id, iGrow.asia, Iwak.me, KapitalBoost.com
  • Pembiayaan berbasis Peer to Peer Lending (P2P) : Koinworks.com, Amartha.com, DanaDidik.com, Crowdo.com, Investree.com.
  • Cicilan Tanpa Kartu Kredit : Kredivo.com, ShootYourDream.com, Cicil.co.id.

Situs Pembanding Produk Keuangan (Comparison Site atau Financial Aggregator)

Startup berikutnya adalah website pembanding produk-produk keuangan. Di Indonesia terdapat beberapa startup yang bergerak di bidang perbandingan produk, seperti
  • Produk Keuangan secara umum : DuitPintar.com, HaloMoney.co.id, CekAja.com, Cermati.com, PilihPintar.co.id, SikatAbis.com, AturDuit.com, KreditGoGo.com
  • Khusus Asuransi : RajaPremi.com, Asuransi88.com, PremiKita.com, Premiro.com, PasarPolis.com, CekPremi.com

Riset Keuangan

Startup dibidang riset keuangan memang belum berkembang pesat di Indonesia. Salah satu perusahaan yang melayani riset dan data adalah Infovesta.com.
Lainnya
Beberapa start up fintech yang berada di luar kategori di atas:
  • Account Aggregator : Veryfund
  • Agent Network : Ruma
  • Gold Marketplace : AntamGold.com, Orori.com, FidiGo
  • Banking Support : Kanopi
  • Capital Market : Kanopi
  • POS (Point of Sales Bisnis) : Pawoon, MOKA

Pada tahun 2015 yang lalu, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan sebuah model bisnis baru bernama transportasi online yang dipimpin oleh GO-JEK, Grab, dan Uber. Seperti tak berhenti menghadirkan kejutan, pada tahun 2016 kemarin pun kembali muncul sebuah bisnis startup baru yang tiba-tiba menjadi cukup populer, yaitu financial technology (fintech).
Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pendanaan yang diterima oleh para startup fintech. Data Tech in Asia Indonesia bahkan menunjukkan kalau fintech merupakan sektor bisnis dengan jumlah investasi terbanyak kedua di Indonesia pada tahun 2016 yang lalu, setelah e-commerce. Fenomena ini bahkan didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) yang kemudian mengambil langkah-langkah penting untuk mendorong pertumbuhan bisnis fintech ini.

Perusahaan fintech yang “menjamur” di tanah air

Menurut Bank Indonesia, saat ini telah ada sekitar 142 perusahaan fintech lokal yang beroperasi di Indonesia. Mereka terbagi ke dalam empat kategori, yaitu Market Provisioning seperti CekAja dan Cermati; Deposit, Lending, and Capital Rising seperti UangTeman dan Investree; Investment and Risk Management seperti Bareksa dan Stockbit; serta Payment, Clearing, and Settlement seperti Midtrans dan Doku.
Kategori keempat, yaitu Payment, Clearing, and Settlement, merupakan kategori yang paling ramai karena diisi oleh sekitar delapan puluh perusahaan.






Bareksa.com




 
 Bareksa.com adalah marketplace reksa dana online terintegrasi pertama di Indonesia, yang bernaung di bawah PT Bareksa Portal Investasi yang didirikan pada tanggal 17 Februari 2013. Portal ini, selain menyediakan platform untuk melakukan jual-beli reksa dana secara online, juga memberikan layanan data, informasi, dan alat investasi reksa dana, saham, obligasi, dan lainnya, untuk memudahkan masyarakat berinvestasi.
  Didirikan dan diawaki anak-anak muda yang berpengalaman di bidang pasar modal, teknologi informatika dan media digital, Bareksa.com memiliki visi dan misi untuk ikut menumbuh kembangkan dunia investasi di kalangan masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan teknologi informatika dan Internet. Bareksa.com juga berambisi turut serta semakin meningkatkan eksposur dunia investasi nasional ke pasar global.
Dalam Bahasa Sansekerta, 'bareksa' berarti pohon. Adalah cita-cita kami, sebagaimana namanya, kehadiran Bareksa.com dapat turut membuat dunia investasi nasional semakin tumbuh rindang dan berbuah lebat bagi kesejahteraan masyarakat luas.



Apakah data Bareksa bisa dipercaya?
  Bareksa dirancang dan dibangun oleh para profesional dengan jam terbang belasan tahun di tiga bidang: pasar modal, media digital, dan teknologi informatika. Tim riset Bareksa terus-menerus menguji dan menyempurnakan kualitas data maupun metodologi perhitungan dan presentasi data. Nomor Single Investor Identification (SID), tidak hanya dimiliki oleh investor saham saja. Investor yang berinvestasi pada produk pasar modal lainnya seperti reksa dana juga memiliki nomor SID.

   Nomor SID berfungsi sebagai tanda bahwa kita telah resmi terdaftar sebagai salah satu investor di pasar modal. Meskipun kita hanya memiliki nilai investasi yang kecil pada reksa dana, namun hak-hak sebagai investor akan tetap terlindungi. Jadi nomor SID ini akan menambah tingkat keamanan bagi nasabah reksa dana.

   Dengan adanya nomor SID, dana nasabah pun akan aman tersimpan pada bank kustodian tanpa harus khawatir disalahgunakan oleh agen penjual reksa dana (APERD) ataupun manajer investasi yang mengelola produk reksa dana.
Pemberian nomor SID untuk investor reksa dana sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2015 lalu, berdasarkan surat Otoritas Jasa keuangan nomor S-134/PM.21/2015. Setiap Investor yang berinvestasi pada produk pasar modal, hanya akan mendapatkan satu nomor SID, sama hal-nya seperti nomor indentitas dalam kartu tanda penduduk (KTP). Jadi, meskipun seseorang memiliki reksa dana dari beberapa perusahaan manajer investasi ataupun APERD maka hanya akan memiliki satu nomor SID saja. Nomor SID ini memiliki 3 huruf dan 12 digit angka yang menjadi kode identitas perorangan.

  Nomor SID ini diterbitkan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Tetapi berbeda dengan investor saham, SID investor reksa dana tidak diberikan secara fisik dalam bentuk kartu. KSEI akan mengirimkan melalui e-mail pada 2 hari kerja setelah setelah melakukan pendaftaran kepada manajer investasi ataupun APERD. Baru kemudian manajer investasi maupun APERD yang mendistribusikan SID kepada investor melalui e-mail.





 KitaBisa.com













Apa itu Kitabisa?
Kitabisa adalah platform untuk menggalang dana dan berdonasi secara online (crowdfunding) terpopuler di Indonesia
Sejak tahun 2013, kami menyediakan wadah dan teknologi online bagi individu, komunitas, organisasi, maupun perusahaan (kami sebut para #OrangBaik) yang ingin:
  1. Menggalang dana dengan membuat halaman donasi online (kami sebut halaman campaign) untuk beragam tujuan sosial, personal, kreatif dan lainnya.
  2. Berdonasi kapan saja secara online ke campaign-campaign di Kitabisa sesuai dengan kategori atau organisasi yang ia peduli.
Dengan semangat gotong-royong menghubungkan kebaikan, Kitabisa menerapkan kebijakan open platform. Artinya, dalam hitungan menit siapapun dapat membuat halaman donasi di Kitabisa selama mereka melengkapi syarat verifikasi identitas dan tidak melanggar hukum di Indonesia. Pelajari lebih lanjut di Syarat & Ketentuan dan FAQ kami.

Bagaimana Kitabisa membiayai operasional?
Sebagai social enterprise startup, Kitabisa mengenakan biaya administrasi sebesar 5% dari total donasi di sebuah campaign, kecuali campaign bencana alam dan zakat (0% biaya administrasi). Dengan model ini, kami bisa fokus mengembangkan teknologi dan layanan untuk terus mempermudah kegiatan menggalang dana dan donasi di Indonesia dan dunia.
Lebih lengkapnya silahkan cek halaman Feature & Pricing.

Apakah Kitabisa legal dan berizin?
Yayasan Kitabisa tercatat di Kemenkumham, mendapatkan izin PUB (Penggalangan Uang dan Barang) dari Kemensos dengan SK Menteri no 478/HUK-PS/2017, dan diaudit oleh Kantor Akuntan Publik dengan hasil Wajar Tanpa Pengecualian. Lihat opini audit Kitabisa di link berikut.



 


KoinWorks.com








Apa itu Koin Works?
KoinWorks adalah sebuah layanan online untuk pinjam dan meminjamkan uang, di mana pemilik bisnis dihubungkan dengan calon pemberi pinjaman. Sistem online ini mengurangi biaya dan inefisiensi sistem perbankan tradisional dan menawarkan nilai lebih bagi para pendana dan
peminjam.

 KoinWorks menyediakan sistem penilaian pinjaman, sistem pembayaran, dan teknologi yang memberikan pengalaman lebih baik untuk para pemberi pinjaman dan peminjam. KoinWorks mengenakan biaya rendah dan kami akan menginfokan semua biaya yang dikenakan.
Dan kami hanya membebankan biaya ketika transaksi anda telah berhasil.

 KoinWorks.com (PT. Lunaria Annua Teknologi) adalah penyelenggara layanan pinjam-meminjam uang berbasis teknologi informasi. Kegiatan pinjam-meminjam di KoinWorks.com diselenggaran dengan metode Peer-to-Peer (P2P) Lending sebagaimana telah diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai dengan peraturan OJK nomor 77/POJK.01/2016.

 Sebagaimana diatur dalam peraturan tersebut, penyelenggara adalah Lembaga Jasa Keuangan Lainnya yang bertugas untuk menyediakan, mengelola dan mengoperasikan situs KoinWorks.com (platform). Segala isi dan materi yang ada pada situs KoinWorks.com ditujukan untuk memberikan informasi dan bukan berupa penawaran maupun rekomendasi.
Dengan mendaftar sebagai pengguna baik Peminjam maupun Investor dianggap telah mengetahui dan mengerti ketentuan layanan KoinWorks.com dan risiko nya.
 

 Jika anda memiliki pertanyaan untuk cara meminjam atau mendanai pinjaman di KoinWorks, silahkan kirim mail ke support@koinworks.com atau hubungi kami via telepon di 021-30482280 saat jam kerja, Senin – Jumat di jam 9:00 sampai 18:30.

 Virtual Account adalah nomor rekening virtual yang disediakan oleh bank kami untuk setiap pelanggan KoinWorks. Dengan rekening virtual ini, kami dapat dengan lebih mudah mengidentifikasi transaksi keuangan anda.
Pinjaman berbasis peer-to-peer belum ditetapkan sebagai sebuah industri ataupun model bisnis spesifik di Indonesia. Oleh karena itu belum ada peraturan khusus yang mengatur pinjaman berbasis peer-to-peer di Indonesia. Dengan demikian, produk dan bisnis harus mematuhi hukum dan undang-undang yang sudah ada agar bisa berjalan sesuai hukum.
KoinWorks telah berkonsultasi dengan penasihat hukum kami dan OJK mengenai bisnis kami. Dari sana kami telah menandai peraturan mana saja yang berlaku untuk KoinWorks atau memodifikasi kegiatan usaha kami untuk menyesuaikan dengan aturan-aturan tersebut.
Berikut adalah sebagian dari peraturan-peraturan tersebut:
  • Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal (tentang Pasar Modal)
  • Undang-Undang NO. 21 dari Otoritas Jasa Keuangan (TENTANG Otoritas Jasa Keuangan)
  • Peraturan Pemerintah no. 82 Tahun 2012 tentang Transaksi Sistem Elektronik (TENTANG Penyelenggaraan Sistem & Transaksi Elektronik)
  • Surat Edaran Direksi Bank Indonesia nomor 21/31 / UPG Tahun 1988 tentang Uang Instrumen Pasar (TENTANG Perdagangan Surat Berharga Pasar Uang)
  • Undang-Undang no 7 Tahun 1983 tentang Pajak (TENTANG Perpajakan Dan different revisi-nya).

 Daftar ini bukanlah yang lengkap, tetapi ini adalah pedoman penting dalam merancang produk dan kegiatan kami.
Karena peer lending belum diakui sebagai sebuah industri, OJK tidak melakukan pengaturan langsung. Untuk Saat ini OJK telah membentuk tim khusus yang bertugas untuk menyusun peraturan industri finansial berbasis peer-to-peer, yang di dalam klasifikasinya mencakup peminjaman berbasis peer-to-peer. OJK juga akan mengamati kinerja bisnis yang ada saat ini di industri peer-to-peer.
Lazimnya, OJK akan membawa observasi tersebut dan ulasan dari industri sebagai masukan untuk rancangan peraturan sementara peraturan tersebut sedang melalui beberapa tahap revisi. Periode waktu yang dibutuhkan dari perancangan hingga terbit peraturan resmi bervariasi, tetapi kami berharap industry ini akan memiliki regulasi dalam waktu 2 tahun.
Kami percaya bahwa regulasi resmi dari OJK akan menjadi faktor positif bagi perkembangan industri keuangan berbasis peer-to-peer. Oleh karena itu kami mendukung upaya OJK dan kami akan berusaha untuk memberikan kontribusi aktif. Kami akan secara periodik memberitahukan pengguna platform kami terhadap perkembangan regulasi di industri keuangan berbasis peer-to-peer.
Secara umum, pajak yang timbul dari transaksi pada platform adalah tanggung jawab dari pengguna platform kami untuk melaporkan dan membayarkannya. Bagi para pendana, kami pikir ada dua cara pelaporan pajak yang optimal:
  1. Pajak pendapatan atas bunga sebesar 15%
  2. Pajak penghasilan atas keuntungan BERSIH dari investasi.
Pilihan pertama akan lebih baik apabila kredit macet tidak ada atau sangat minim di portofolio pinjaman anda. Sedangkan yang kedua akan lebih baik untuk mengimbangi kerugian dari kredit macet. Selain dua opsi ini, masih ada cara-cara lain untuk memasukkan penghasilan ini ke dalam pelaporan pajak anda. Kami sarankan pendana untuk berkonsultasi dengan konsultan pajak untuk membuat pelaporan pajak yang efisien.
Untuk peminjam, tidak ada pajak yang berlaku yang timbul dari pengajuan pinjaman selama itu diakui sebagai biaya. Namun, ketika peminjam mengalami gagal bayar maka atas undang-undang pajak yang berlaku mereka diwajibkan untuk mengakui pinjaman mereka yang gagal dibayar sebagai penghasilan pada pelaporan pajak mereka.
Panduan singkat ini ditulis dengan bantuan dari penasihat pajak kami. Hal ini bukanlah sebagai nasihat investasi dan kami tidak menjamin bahwa konten yang tertulis sesuai dan akurat. Kami menyarankan pengguna untuk berkonsultasi dengan konsultan pajak untuk lebih memahami implikasi pajak dan cara terbaik untuk membuat pengajuan pajak mereka.




 SUMBER:

https://www.finansialku.com/apa-itu-industri-financial-technology-fintech-indonesia/ (Diakses tanggal 8/10/2017)
http://www.bareksa.com/id/aboutus (Diakses tanggal 8/10/2017)
http://www.bareksa.com/id/faq (Diakses tanggal 8/10/2017)
https://kitabisa.com/about-us (Diakses tanggal 8/10/2017)
https://koinworks.com/id/education-center (Diakses tanggal 9/10/2017)





 

Komentar


  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus
  3. Halo semuanya
    Ini adalah PINJAMAN SANDRA WALKER kami memberikan kredit / pinjaman kepada semua klien kami yang terhormat yang telah kehilangan harapan untuk mencapai kemandirian finansial bahkan dengan nilai kredit nol. Anda dapat menjadi dermawan yang baik ketika Anda melalui layanan keuangan yang akan kami berikan kepada Anda. Lupakan kedatangan keuangan singkat yang Anda hadapi dengan fokus kami pada kami dan kami menjamin Anda bahwa tidak ada yang bisa menandingi kehidupan kredit Anda ketika pinjaman Anda telah dicairkan dalam waktu sesingkat mungkin karena semua proses kami sangat fleksibel dan ramah. Silakan hubungi kami segera melalui.
    email kami: [sandrawalkerloan1@gmail.com]

    BalasHapus
  4. Saya memiliki skor kredit yang sangat rendah sehingga upaya saya untuk meminjam dari Bank ditolak. Saya bangkrut sampai-sampai saya tidak mampu makan tiga kali sehari dan juga saya benar-benar bangkrut karena nama saya identik dengan kemiskinan. saya berhutang baik dari teman-teman saya dan juga dari rentenir hidup saya di bawah ancaman saya harus melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya karena sifat ancaman yang saya terima dari orang-orang yang meminjamkan saya uang Jadi saya harus mencari cara cepat dan mendesak untuk membayar kembali uang itu dan juga memulai bisnis baru usaha pertama saya sangat mengerikan karena saya ditipu sebesar Rp5.390.020.00 saya harus pindah juga dua minggu kemudian saya kehilangan Rp350.000,00 untuk pemberi pinjaman yang curang jadi saya turun secara finansial dan emosional karena ini adalah yang paling tidak saya harapkan sehingga seorang teman saya memberi tahu saya untuk menghubungi email ini: :( iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) bahwa saya harus meminta jumlah berapa pun berharap agar Bunda Iskandar selalu menjadi kembali untuk memberikan bantuan keuangan kepada siapa pun yang membutuhkan sehingga saya meminta untuk jumlah Rp850.000.000,00 dalam waktu 24 jam cerita saya berubah untuk selamanya saya membayar semua hutang saya dan saya juga memiliki cukup uang untuk membiayai sendiri bisnis semua terima kasih kepada teman saya yang memperkenalkan saya kepada ibu khususnya dan juga kepada Ibu Iskandar secara umum untuk mengubah rasa malu saya menjadi terkenal
    Atas perkenan: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus
  5. Nama Perusahaan::"":":":"ONE BILLION RISING FUNDGmail Perusahaan:":":":":"::"onebillionrisingfund@gmail.com                       Selamat siang
    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

    BBM: D8E814FC 


    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

    Allahu akbar

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Produksi Perusahaan Coca-cola

PT Maspion

BAURAN PEMASARAN