Perekonomian Indonesia (Rangkuman Pertanyaan dan Jawaban)

Rangkuman  Pertanyaan dan Jawaban
Pengelolaan Sumber Daya Alam di Indonesia
(Kelompok 1)

Rangkuman Pertanyaan untuk Kelompok 1 dan Jawaban
1. Mengapa sumber daya alam di Indonesia masih banyak di kuasai oleh pihak asing? dan mengapa  kontrol migas juga masih ditangani oleh segelintir korporasi asing hingga diatas 50%?.(Pertanyaan dari Kelompok 3)
     Jawaban :
    Karena di Indonesia sendiri pun belum bisa mengelola sumber daya alamnya dengan baik   sehingga butuh bantuan dari pihak asing untuk mengelolanya.dan menurut peraturan menteri pasal 3 pemerintah berhak mendapatkan komisi dari perusahaan asing. dan jika perusahaan asing ingin mebagikan komisinya harus melalui persetujuan menteri.Lalu kenapa pemerintah tidak mengeluarkan peraturan tentang korporasi asing untuk dibatasi 50% saja ? Karena Indonesia sendiri baru bisa mengelola sumber dayanya sebesar 15% dari keseluruhan sumber daya alam yang ada , sehingga jika dibatasi korporasi asing maka akan terjadi penyianyiaan sumber daya alam.

2. Contoh dari mengelola hutan dengan melibatkan masyarakat? (Pertanyaan dari Kelompok 5)

     Jawaban :
      Contohnya seperti mengajak Masyarakat untuk mengelola hutan seperti menjaga hutan              tidak merusak hutan dan pemerintah menyediakan lahan perkebunan agar masyarakat bisa menanam tanaman lalu hasil dari perkebunan di jual dan hasil penjualan dibagi dua dengan pemerintah.Maka dari itu Masyarakat akan terpacu untuk menjaga hutan.

3. Bagaimana solusi apabila ada perusahaan ingin membangun proyek diatas lahan yang ditanami pohon langka? ( Pertanyaan dari Kelompok 6)

      Jawaban :
        Sebenarnya bisa dengan cara memindahkan pohon langka tersebut ke lahan lain,tetapi pemerintah biasanya memiliki perlindungan terhadap lahan yang ditumbuhi polon langka atau yang dilindungi tersebut. Maka apabila ada perusahaan yang ingin membangun sebuah proyek di atas lahan tersebut harus melewati proses perizinan pemerintah daerah tersebut.
         


 Rangkuman Pertanyaan dari Kelompok 1 dan Jawaban
  
1.(Pertanyaan untuk Kelompok 2), Bagaimana cara menghindari kebakaran hutan?

       Jawaban :
         Ada beberapa cara untuk menghindari adanya kebakaran hutan, yaitu:
            a.Mengawasi titik rawan kebakatan hutan.
            b.Mempersiapakan pemadam kebakaran .
            c.Memasang alarm kebakaran di pos- pos yang telah disediakan.
            d.Selalu siap siaga.

2.(Pertanyaan untuk Kelompok 3), Apa solusi tentang pengelolaan sumber daya alam di Indonesia?

       Jawaban :
         Dengan menghindari penebangan hutan sembarangan dan melakukan penanaman pohon kembali agar generasi berikutnya dapat menikmati kekayaan sumber daya alam yang Indonesia miliki.Kemudian kita harus sadar bahwa sumber daya kecil itu sangat penting intuk kita.Contoh kecil dari menjaga sumber daya alam adalah dengan membuang sampah pada tempatnya.

3.(Pertanyaan untuk Kelompok 4), Mengapa Indonesia memiliki sumber daya alam yang berlimpah dari negara lain?

      Jawaban :
        Indonesia memiliki sumbe daya alam yang melimpah dari negara lain karena :
         *Indonesia terletak di daerah tropis yang memiliki curah hujan tinggi yang membuat tumbuhan tumbuh dengan subur.
         *Memiliki banyak pegunungan yang kaya akan mineralnya.
         *Memiliki perairan yang luas yang kaya akan hewan laut.

4.(Pertanyaan untuk Kelompok 5), Seberapa jauhkah pemerintah dapat mengontrol sumber daya kelautan ?

      Jawaban :
        Dengan pemeriksaan kapal perikanan untuk mengurangi pelanggaran nelayan asing.Jika ditemukan nelayan asing atau ilegal fishing dikenakan pasal 69 ayat (4) dalam undang - undang no.45 tahun 2009 tantang perikanan memiliki serangkaian payung hukum terkait penegakkan hukum terhadap tindakan ilegal fishing,salah satunya adalah dimungkinkannya dilakukan penenggelaman kapal yang terbukti melakukan penangkapan ikan tanpa izin.

5.(Pertanyaan untuk Kelompok 6), Bagaimana tanggapan tentang kebakaran hutan di riau?

       Jawaban :
         Rata - rata huttan yang sulit terbakar adalah hutan gambut karena memiliki kandungan tanah dan air yang banyak.kebakaran di Riau terjadi karena banyak perusahaan yang membuat irigasi secara ilegal di hutan gambut sehingga air yang ada di hutan tersebut menjadi kering dan mudah terbakar. Namun perusahaan - perusahaan yang membuat irigasi sudah di ketahui ada 7.


 
    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Produksi Perusahaan Coca-cola

PT Maspion

BAURAN PEMASARAN